A ANALISIS UNSUR INTRINSIK YANG TERKANDUNG PADA CERITA MALIN KUNDANG MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER PADA SISWA KELAS IV DI SDN 3 JEROWARU
UNSUR INTRINSIK DALAM CERITA SEBAGAI PENANAMAN NILAI KARAKTER SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38059Keywords:
unsur intrinsik, cerita rakyat, nilai karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik cerita rakyat Malin Kundang serta mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang muncul selama proses pembelajaran pada siswa kelas IV SDN 3 Jerowaru. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan 16 siswa dan guru kelas sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu mengidentifikasi unsur intrinsik, meliputi tokoh, latar, alur, tema, dan amanat, meskipun tingkat ketepatan antar siswa berbeda-beda. Selain itu, proses pembelajaran juga memunculkan beberapa nilai karakter, antara lain kejujuran, tanggung jawab, kerja keras, empati, dan sikap menghargai. Nilai-nilai tersebut terlihat dari cara siswa menafsirkan cerita serta perilaku mereka selama kegiatan pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa cerita rakyat, khususnya Malin Kundang, dapat menjadi media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman sastra sekaligus memperkuat pendidikan karakter di sekolah dasar.
Downloads
References
Abd Rahman, B. P., Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Y. Y. (2022). PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN DAN UNSUR-UNSUR PENDIDIK. Al-Urwatun Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Agustin, C. F.-C. T. (2024). Analisis Unsur-unsur Intrinsik dalam Teks Narasi Siswa. Jurnal Medika Akademik, 2(7).
Khatimah, H., Kartika, I. M., & Santika, I. G. N. (2022). Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa. Widya Accarya, 13(2), 127–132. https://doi.org/10.46650/wa.13.2.1266.127-132
Madyarini, D. D., & Wijayanti, D. (2025). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Proses Pembelajran IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. 4(2), 146–158.
Meilani, D. T., Hendriyanto, A., & Khalawi, H. (n.d.). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NEGERI 1 JLUBANG PENDAHULUAN
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















