A ANALISIS UNSUR INTRINSIK YANG TERKANDUNG PADA CERITA MALIN KUNDANG MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER PADA SISWA KELAS IV DI SDN 3 JEROWARU

UNSUR INTRINSIK DALAM CERITA SEBAGAI PENANAMAN NILAI KARAKTER SISWA SD

Authors

  • Wiranti Nur Hidayah Universitas Negeri Semarang
  • Bernadus Wahyudi Universitas Negeri Semarang
  • Haryadi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38059

Keywords:

unsur intrinsik, cerita rakyat, nilai karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik cerita rakyat Malin Kundang serta mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang muncul selama proses pembelajaran pada siswa kelas IV SDN 3 Jerowaru. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan 16 siswa dan guru kelas sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu mengidentifikasi unsur intrinsik, meliputi tokoh, latar, alur, tema, dan amanat, meskipun tingkat ketepatan antar siswa berbeda-beda. Selain itu, proses pembelajaran juga memunculkan beberapa nilai karakter, antara lain kejujuran, tanggung jawab, kerja keras, empati, dan sikap menghargai. Nilai-nilai tersebut terlihat dari cara siswa menafsirkan cerita serta perilaku mereka selama kegiatan pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa cerita rakyat, khususnya Malin Kundang, dapat menjadi media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman sastra sekaligus memperkuat pendidikan karakter di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahman, B. P., Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Y. Y. (2022). PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN DAN UNSUR-UNSUR PENDIDIK. Al-Urwatun Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Agustin, C. F.-C. T. (2024). Analisis Unsur-unsur Intrinsik dalam Teks Narasi Siswa. Jurnal Medika Akademik, 2(7).

Khatimah, H., Kartika, I. M., & Santika, I. G. N. (2022). Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa. Widya Accarya, 13(2), 127–132. https://doi.org/10.46650/wa.13.2.1266.127-132

Madyarini, D. D., & Wijayanti, D. (2025). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Proses Pembelajran IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. 4(2), 146–158.

Meilani, D. T., Hendriyanto, A., & Khalawi, H. (n.d.). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NEGERI 1 JLUBANG PENDAHULUAN

Downloads

Published

2025-12-27

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>