Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar dalam pembelajaran matematika siswa ditinjau dari keaktifan siswa berorganisasi (OSIS). Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mix Method) dengan tipe Embedded Design. Desain penelitian yang digunakan adalah desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Plus Darul Hufadz Jatinangor, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII-C dan VIII-D. Masalah yang diteliti yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa dan motivasi belajar terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching ditinjau dari keaktifan siswa berorganisasi (OSIS). Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran model konvensional. Kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa dengan penerapan model Reciprocal Teaching pada siswa aktif berorganisasi (OSIS) lebih baik daripada siswa yang tidak aktif berorganisasi (OSIS). Terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar dengan penerapan model Reciprocal Teaching pada siswa yang aktif berorganisasi (OSIS).

Keywords

Reciprocal Teaching, Kemampuan Komunikasi Matematis, Motivasi Belajar, OSIS

Article Details

How to Cite
Hendalillah, D., Indrawan, R., & Dewanto, S. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTS Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Berorganisasi (OSIS). Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 12–23. https://doi.org/10.23969/pjme.v9i1.2706

References

Read More

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.