Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa. Metode penelitian ini menggunakan mixed method. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Kadugede dengan samplenya siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Tes yang digunakan berupa tes tipe uraian sebanyak 6 soal. Non tes yang digunakan berupa angket skala self efficacy dan lembar observasi serta wawancara. Dari hasil analisis terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy antara siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) melalui mathematical modelling dan model pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) melalui mathematical modelling lebih baik daripada pembelajaran konvensional, kemampuan Self Efficacy siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) melalui mathematical modelling lebih baik daripada pembelajaran konvensional dan terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan self efficacy siswa. 

Keywords

Kemampuan pemecahan masalah Mathematical Modelling Problem Based Learning (PBL) Self Efficacy

Article Details

How to Cite
Kiki Zakiyah, & Yusritawati, I. (2023). Penerapan Pembelajaran PBL melalui Mathematical Modelling untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Siswa . Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 45–55. Retrieved from https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/7481

References

Read More

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.